Kamis, 17 November 2011

wawancara dengan pengusaha warung





Nama                         :      Parlindungan Nasution

TTL                            :       Medan, 17 – 08 – 1974

Pendidikan Terakhir     :       SMA













→ Bapak berasal dari daerah mana
Ø  Saya berasal dari daerah medan


→ Sudah berapa lama anda tinggal di kota ini:
Ø  Kurang lebih 21 tahun

→ Kapan anda memulai usaha ini:
Ø  Setelah beberapa bulan saya tinggal di bogor sekitar tahun 1990 untuk bulannya saya lupa

→ pertama datang dari Medan anda tinggal di mana
Ø  Saya mengontrak rumah di daerah laladon

→ Maaf sebelumnya, apakah anda sampai saat ini masih tinggal di tempat kontrakan
Ø  Allhamdulilah dalam waktu kurang lebih 15 tahun saya bisa membeli rumah dan membangun warung dari hasil usaha saya

→ Sudah berapa lama anda tinggal di kota ini:
Ø  12 tahun

 Apa tujuan anda datang ke kota Bogor ini:
Ø  Karna inggin berwira usaha sendiri
Ø  Saya meliahat peluang usaha warung di kota bogor khususnya di daerah laladon saingannya belum terlalu banyak

→ Kenapa anda memilih usaha ini:
Ø  karena saya melihat peluang usaha di daerah laladon pada saat itu sangat tepat untuk saya membuka usaha warung
Ø  usaha warung juga tidak akan sepi oleh pembeli
Ø  perputaran uangnya juga cepat
Ø  barang yang di jual  adalah barang kebutuhan pokok yang pasti semua orang membutuhkannya

→ Apa strategi anda untuk bersaingan dengan pedangang lain:
Ø  Harus ramah dengan pembeli jangan memasang muka jutek, bila kita memasang muka jutek tidak ada pembeli yang datang
Ø  Tidak memasang harga terlalu mahal,bila harga terlalu mahal pembeli akan pindah ke warung sebelah
Ø  Mengambil untung jangan terlalu banyak, biar sedikit untungnya tetapi banyak yang membeli daripada untungnya banyak tetapi sepi pembeli
Ø  Memberikan keringanan pembayaran kepada konsumen pedagang

 → Dan apa cita-cita anda yang mendalam pada usaha anda dimasa depan nanti:
Ø  Membuat cabang warung di daerah lain
Ø  Bila saya membuka cabang saya inggin mengajak sodara – sodara yang pengangguran untuk ikut serta mengelola usaha warung saya
Ø  Menigkatkan usaha saya harus bisa setara dengan supermarket  
Ø  Membuka usaha baru di bidang yang lain


Demikian wawancara saya dengan seorang wirausahawan mudah – mudahan bermanfaat bagi kita semua 

3 komentar: